Studi kasus CV. Triple-S Mebelindo pada aplikasi MYOB Premier V.16 (setup saldo awal customer dan supplier, setup persediaan dan Setup Opening Balance Inventory)

Posted by All About Ransomware WannaCry on Juli 06, 2017 with No comments
Lanjut yukk... dipembahasan ini kita masih setup dan input-input data yaa... yuk langsung aja ikutin langkah-langkahnya 😊




Card Type
Nama
Alamat
Kategori
                                                  LOKAL
Customer
PT. Mebelindo Jaya
Jl. Cadas KM 10, Tangerang
L
Customer
PT. Karunia Sukses
Jl. Raya Angsana Raya Blok A no. 10, jakarta
L
Supplier
PT.Solusindo Cemerlang
Kawasan Industri MM2100 Jl. Sulawesi Blok B no 100, Cikarang
L
Supplier
PT. Trimitra
Kawasan Industri Jatake Blok AE
L
Employee
Sasya
-
-
INTERNASIONAL
Customer
Mr. Zakky
Singapura
I
Supplier
Mr. Nicky
Singapura
I

1.7  Data Hutang dan Piutang
1. Data Hutang
Nama Supplier
Nominal
Nomor Invoice
PT. Solusindo
Rp. 15.575.000
INV-001
PT. Trimitra
Rp. 3.000.0000
INV-002
Mr. Nicky
USD 500
INV-003

2. Data Piutang
Nama Customer
Nominal
Nomor Invoice
PT. Mebelindo Jaya
Rp. 1.500.000
INV-001
PT. Karunia Sukses
Rp. 1.000.000
INV-002
Mr. Zakky
USD 700
INV-003


1.8 Data Stok Barang
Data Stok
Nama Barang
Soffa  ( M1)
Kursi (M2)
Meja Tamu (M3)
Meja makan (M4)  
Stok
1
5
2
2
Hpp
Rp.3.250.000
Rp.200.000
Rp.700.000
Rp.800.000
Jumlah
Rp.3.250.000
Rp.1.000.000
Rp.1.400.000
Rp.1.600.000
Harga Jual (Rp)
Rp.3.445.000
Rp.260.000
Rp.845.000
Rp.884.000
Sale (USD)
USD 265
USD 20
USD 65
USD 68
Nama Barang
 Rak Buku (M5)
Lemari Pakaian (M6)
Meja Kantor (M7)

Stok
1
1
2
Hpp
Rp.2.500.000
Rp.1.800.000
Rp600.000

Jumlah
Rp.2.500.000
Rp.1.800.000
Rp.1.200.000

Harga Jual (Rp)
Rp.2.600.000
Rp.1.950.000
Rp.780.000

Sale (USD)
USD 200
USD150
USD 60

Ø  Semua barang yang di jual dan di beli menggunakan PPN 10%
     Setup Saldo Awal Customer dan Supplier
a.      Setup Saldo Awal Customer
1.      Pilih Setup, lalu pilih Balances lalu pilih Customer Balances


2.      Lalu pilih mata uang nya USD atau IDR
3.      Lalu pilih Customernya kemudian klik Add Sale


4.      Lalu pilih nama Customernya, kemudian isi datanya, pada Category, untuk Mata uang asing pilih International dan jika menggunakan Rupiah pilih Local




5.      Kemudian klik Record
6.      Jika inputan benar maka Out of Balance Amount nominalnya 0



                7.    lakukan langkah-langkah yg sama seperti diatas dengan data yg sudah di sediakan.


b.      Setup Saldo Awal Supplier
1.      Pilih menu Setup, klik Balance, kemudian Pilih Supplier Balances


2.      Pilih mata uang yang akan di input IDR atau USD, lalu pilih nama Suppliernya lalu pilih Add Purchase



3.      Lalu input datanya, tanggal nomonal dan pada Category untuk mata uang Rupiah menggunakan L, jika mata uangasing menggunakan kode I



4.      Lalu klik Record
5.      Jika penginputan balance maka nominal Out Of Balance nya 0


      Setup Persediaan (Inventory)
        Setup Item List
a.       Pilih modul Inventory, pilih item List, lalu klik New


b.      Isi data-datanya pada Profile
c.       Ceklis Buy, Sell dan Inventory, lalu masukan akun yang di gunakan


d.      Pada Buying Detail pada tax Code input PPNnya, dikarenakan untuk semua barang yang di beli menggunakan PPN


e.       Pada Selling input harga jualnya,pilih PPN pada Tax Code dikarenakan semua barang yang di jual menggunakan PPN, harga USD dan IDR lalu klik OK

        Setup Opening Balance Inventory (Adjust Inventory)
a.       Pilih Modul Inventory, Pilih Count Inventory


b.      Lalu input Qty barang pada Counted


c.       Lalu klik Adjust Inventory
d.      Lalu akan tampil pesan, klik Contineu



e.       Lalu akan muncul pesan Opening Balance Check, klik Opening Balance

f.       Lalu ketik nominal Harga HPP nya
g.      Lalu klik record
h.      Untuk mengecek klik Ctrl +R, lalu Klik Ok

0 komentar:

Posting Komentar